blog ini merupakan sarana berbagi ilmu pendidikan

Rabu, 25 November 2015

Contoh Teks Tanggapan Kritis "PRAMUKA INDONESIA"

                                         PRAMUKA INDONESIA
Disusun oleh:
1.     Andika Budi Saputra 2. Riyan Anggra Putra 3. Verzy Firdiansyah 4. Wendy Ainun Wicaksono

Pramuka menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang bertujuan untuk mendidik siswa agar disiplin, terampil, dan menolong sesama. Pramuka sudah ditetapkan di SMP, terutama di SMP N 3 Kab. Tebo. Pada kurikulum 2013, pramuka sudah mulai diwajibkan bagi para siswa. Hanya saja ada beberapa siswa yang tidak mau mengikuti kegiatan pramuka. Hal ini menimbulkan perdebatan di kalangan siswa. (Evaluasi)

Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa pramuka sangat dibutuhkan bagi siswa SMP. Alasan yang pertama, bahwa pramuka mendidik para siswa menjadi siswa yang rajin, disiplin, dan terampil. Alasan berikutnya, bahwa di dalam pramuka dianjurkan untuk bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli dengan lingkungan, dan mengamalkan nilai-nilai pancasila. Hal ini sudah tercantum dalam trisatya dan dasadarma pramuka yang akan ditetapkan oleh anggota pramuka. Tidak hanya menerapkan trisatya dan dasadarma, pramuka juga bermanfaat bagi siswa yang bercita-cita menjadi tentara ataupun polisi karena pada kegiatan pramuka, siswa dianjurkan latihan baris-berbaris.

Akan tetapi, ada beberapa siswa yang menolak untuk mengikuti kegiatan pramuka. Mereka beralasan bahwa kegiatan pramuka membuat mereka lelah dan kepanasan. Hal ini dikarenakan mereka harus latihan baris-berbaris di lapangan. Alasan berikutnya, siswa menganggap bahwa kegiatan pramuka menghambat waktu untuk belajar. (DeskripsiTeks)

Dengan demikian, pramuka menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa di kurikulum 2013. Kegiatan pramuka ini bertujuan untuk mendidik siswa agar memiliki pribadi yang sukses dimasa yang akan datang dan mengarahkan kita ke dalam hal yang bermanfaat dan  lebih positif. (Simpulan)

0 komentar:

Posting Komentar