blog ini merupakan sarana berbagi ilmu pendidikan

Senin, 19 September 2016

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 K13 TERBARU

Assalamu'alaikum wr, wb dan salam sejah tera 

        RPP merupakan suseatu yang sangat penting bagi bapak dan ibu guru yang akan melaksanakan program pembelajaran, oleh sebab itu RPP hendaknya benar-benar disusun oleh guru yang bersangkutan, karena bapak dan ibu gurulah sebagai pelaksananya. Unduh RPP dari internet tidak salah, namun haruslah disesuaikan dengan keadaan real di lapangan.

        Setiap saat RPP selalu mengalami perubahan format dengan terbitnya permen dikbud no 22 tahun 2016 maka permen nomor 103 sudah tidak berlaku lagi. Namun berdasarkan pengamatan admin perubahan itu hanya berkuatat-kutit pada urutan atau susunan. Kalau mau jujur sebenarnya semua itu agar para guru rajin membuat perangkat mengajar. Mengapa admin berkata begitu? sebenarnya pada RPP sebelumnya subtansi penting seperti, EEK, 5M, telah termuat sebagaimana pada permen 22. yang berbeda hanyalah masalah urutan . Pada permen 22, subtansi Tujuan ditulis sebelum Indikator, sedangkan pada RPP sebelumnya Indikator ditulis sebelum tujuan. 

        Nah, Bagi Bapak dan Ibu guru yang ingin menyesuaikan urutan  penulisan RPP dengan permen 22 tahun 2016 berikut ini admin berikan contoh RPP bahasa Indonesia kelas 9. 

berikut linknya 
       
        Demikian, semoga bermanfat

4 komentar: