blog ini merupakan sarana berbagi ilmu pendidikan

Jumat, 17 Februari 2023

RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG DISEDERHANAKAN

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengalami perubahan dan penyerrdahanaan. Sesuai dengan permen dikbud nomor 16 tahun 2022 tentang standar proses, Perencanaan pembelajaran meliputi :
a. capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar dari
suatu unit pembelajaran;
b. cara untuk mencapai tujuan belajar; dan
c. cara menilai ketercapaian tujuan belajar.

 dalam RPP yang penulis bagikan berikut masih menggunakan kurikulum 2013 yang disederhanakan. Capaian pembelajaran di ambil dari Kompetensi inti, sedangkan Tujuan Pembelajaran diturunkan dari Kompetensi Dasar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nomor : 5 (KD 3.3)

Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Tebo

Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia

Materi                                  : Teks Tanggapan

Kelas/Semester             : IX / Genap

Tahun Pelajaran            : 2022/2023

Alokasi Waktu               :  12 X 40 Menit (4 Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran ingkuiri, dengan metode literasi, diskusi, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

1.       Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan yang didengar dan/atau dibaca.

B.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan

Kegiatan

pertama

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata disekitar siswa

2.       Siswa secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom.

3.       Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa kritik, dari materi yang telah dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis.

4.       Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok, kelompok lain membarikan tanggapan. Guru memberikan penguatan.

5.       Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran.

6.       Guru dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran

7.       Guru memberi tugas siswa sesuai dengan hal yang perlu peningkatan

8.       Guru menyampaikan informasi  pembelajaran yang akan datang

9.       Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam

Kedua

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata disekitar siswa

2.        

3.       Siswa secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom.

4.       Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa  sanggahan, dari materi yang telah dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis

5.       Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.

6.       Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran.

7.       Guru dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran

8.       Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan datang,serta memberikan tugas bagi siswa yang amasih perlu bimbingan.

9.       Guru menutp pelajaran dengan doa dan salam.

Ketiga

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata disekitar siswa

2.        

3.       Siswa secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom.

4.       Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa  pujian dari materi yang telah dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis

5.       Perwakilan kelompok mengunjungi kelompok lain untuk mencatat apa yang berbeda dengan kelompoknya.

6.       Perwakilan siswa kembali kekelompk masing-masing untuk mendiskuskan catatan yang diperoleh dari kelompok lain.

7.       Juru bcara kelompok menyampaikan hasil diskudinya di muka kelas, sementara kelompok lain memberikan masukan dan atau bertanya, grur memberikan penguatan.

8.       Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran.

9.       Guru dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran

10.    Guru menginformasikan bawa pertemuan berikutnya akan diadakan asesmen sumatif ,serta memberikan tugas bagi siswa yang amasih perlu bimbingan.

11.    Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam

Keempat

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian asesmen sumatif dan cara mengerjakannya.

2.       Guru membagikan ling asesmen sumatif di class room

3.       Siswa mengerjakanasesmen sumatif di classromm dan guru memantau siswa agar bisa bekerja dengan jujur, tidak bekerjasama dengan temanya.

4.       Guru menginformasikan siswa yang perlu remedial dan pengayaan

5.       Guru dan siswa membuat kesepakatan tentang teknis remedial dan atau pengayaan.

6.       Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.

 

C.       Asesmen

 

AFEKTIF

PENGETAHUAN formatif dan sumatif

1.       berdoa di awal dan di akhir pembelajaran

2.       Kerjasama dalam mengamati Teks tanggapan

1.       Mendeteksi informasi kritik, sanggahan,atau pujian dari teks tanggapan yang dibaca

 

 

Rimbo Bujang, Januari

Mengetahui Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 





untuk lebih lengkapnya silakan download di sini

0 comments:

Posting Komentar