Slide 1
Dokumen 2024.
Slide 2
Foto dokumen Perpisahan 2024.
Slide 3
Dokumen perpisahan 2024.
Slide 4
Foto Dokumen Perpisahan 2024.
Pemotongan Tumpeng
Kepala Sekolah didampingi Oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan memotong tumpeng sebagai tanda sukur terhadap Tuhan.
Jumat, 26 November 2010
Jumat, 19 November 2010
TRIK MENINGKATKAN DAYA INGAT BAG. 2
Trik Meningkatkan Daya Ingat
pada postingan yang lalu, udah saya terangkan bagaimana cara meningkatkan daya ingat dengan membaca cerpen atau menonton film. Pada postingan ini sy ingin berbagi pada teman-teman tentang cara meningkatkan daya ingat dengan cara berkosentrasi.
Orang yang Kosentrasinya baik dapat membantu daya ingatnya menjadi baik. bila daya ingat baik dan kosentrasi baik maka dapat dipastikan prestasi belajar juga baik. Lagi-lagi trik ini bebas dari yang namanya mantra dan berbagaimacam klenik lho.... sebab trik ini biasanya digunakan dalam dunia teather.
Langsung aja deh gak usah banyak basa-basi.
ajaklah beberapa teman Anda 5 orang hingga 10. semakin banyak semakin bagus.
Buat lingkaran, kemudian bermain berhitung dengan angka 1,2 dan seterusnya. orang pertama menyebutkan angka 1,2. dan orang yang ada disebelah kananya menyebutkan "Prima" untuk mengganti angka 3. kemudian sebelahnya lagi menyebutkan angka 4. dan disambung sebelahnya dengan menyebut "Prima". dan seterusnya. Jika orang dapat giliran menyebutkan suatu bilangan prima, maka jangan disebut angka tapi sebut dengan Prima. bila ada teman yang tidak bisa menyebutkan permaian diulang dari pertama dari arah yang berbeda. semakin banyak menyebutkan prima berarti semakinbaik kosentrasinya. Teman yang tidak tahu harus menyebut bilangan apa karena ia tidak kosentrasi. Gerakan hitungan semakin lama semakin dipercepat.
Bila langkah tersebut sudah lancar, gantilah Bilangan lain, misalnya bilangan Bulat, atau bilangan kelipatan 3.
lakukan terus menerus selama 3 bulan atau lebih Insya Allah daya kosentrasi Anda akan semakin baik sehingga mudah menangkap pelajaran yang disampaikan oleh guru.
SELAMAT MENCOBA......
Senin, 08 November 2010
TRIK MENINGKATKAN DAYA INGAT DENGAN MENONTON FILM
Trik meningkatkan Daya Ingat secara Modern.
Terobosan kurikulum Berbasis Kompetensi mengutamakan pemahaman dan dan ketrampilan sehingga daya ingat atau hapalan kurang mendapat perhatian. sebagai contoh siswa SD dalam belajar berhitung siswa dihadapkan pada realita kehidupan sehari-hari; 2 apel + 4 apel = 6 apel. siswa dihadapkan pada gambar 2 apel dan gambar 4 apel terus dijadikan satu kemudian siswa disuruh menghitung semua. akhirnya siswa betul-betul paham cara menjumlahkan. akan tetapi bila anak ditanya tanpa alat gambar anak tidak dapat mengingat 2 + 4 itu berapa jumlahnya. Contoh lain anak disuruh menghitung 2 x 5; siswa disuruh membawa alat hitung simpoa(seperti alat hitung cina).Pertama siswa disuruh mengambil 5 butir simpoa, kemudian disuruh mengambil 5 butir lagi. akhirnya siswa disuruh menghitung semua butir simpoa tersebut. Siswa dapat dengan mudah mengetahui hasilnya yakni 10 butir. Tetapi jika anak ditanya 3 x 5 tanpa alat hitung tidak bisa menjawabnya. hal ini disebabkan anak tidak disuruh menghapal perkalian atau penjumlahan.
Pola pembelajaran seperti itu berlanjut sampai kelas 6 SD, sehingga berakibat menurunya daya ingat siswa. Berdasarkan kenyataan di lapangan, Siswa tamat SDmasih banyak yang tidak hafal perkalian hingga 10 x 10 apa lagi bilangan decimal dan pecahan sehingga akan menghambat proses perhitungan selanjutnya. Yang lebih parahnya lagi bukan hanya mata pelajaran matematika saja yang pembelajarannya kurang memperhatikan daya ingat, tetapi pelajaran Bahasa Indonesia, PKN, Agama.
Daya ingat perlu dibangun kembali agar memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran tanpa alat bantu hitung, kamus, dan buku. Alat tersebut dalam proses pembelajaran memang mutlak diperlukan kecuali alat hitung, namun dalam ujian apakah bias ditolelir anak membuka buku dan kamus? Jawabnya tentu tidak. Misal anak disuruh membuat surat; mereka akan mencuri-curi membuka buku karena ia tidak menghapal susunannya. Mereka tidak akan bias membuat surat dengan tepat tanpa melihat buku pedoman membuat surat. Tapi jika anak disuruh menghapal susunan surat, syarat surat maka anak tidak perlu lagi membuka buku ketika ujian.
Berikut ini trik untuk meningkatkan daya ingat tanpa mantra atau jampi-jampi.:
1. Mulailah dengan hal-hal yang ringan dan Anda senangi ;Bacalah sebuah cerita atau putarlah sebuah film yang Anda suka.
2. Setelah satu bulan cerita atau film film tersebut dibaca atau ditonton, berusahalah mengingat jalan ceritanya.
3. Kemudian putar kembali film itu/ baca cerita itu dan cocokkan dengan ingatan Anda.
4. Bila masih banyak yang tidak sama, coba ulangi lagi dengan cerita/film yang lain.
5. Setelah enam bulan anda berlatih , Anda akan mendapatkan hasilnya.
SELAMAT MENCOBA!!!
Terobosan kurikulum Berbasis Kompetensi mengutamakan pemahaman dan dan ketrampilan sehingga daya ingat atau hapalan kurang mendapat perhatian. sebagai contoh siswa SD dalam belajar berhitung siswa dihadapkan pada realita kehidupan sehari-hari; 2 apel + 4 apel = 6 apel. siswa dihadapkan pada gambar 2 apel dan gambar 4 apel terus dijadikan satu kemudian siswa disuruh menghitung semua. akhirnya siswa betul-betul paham cara menjumlahkan. akan tetapi bila anak ditanya tanpa alat gambar anak tidak dapat mengingat 2 + 4 itu berapa jumlahnya. Contoh lain anak disuruh menghitung 2 x 5; siswa disuruh membawa alat hitung simpoa(seperti alat hitung cina).Pertama siswa disuruh mengambil 5 butir simpoa, kemudian disuruh mengambil 5 butir lagi. akhirnya siswa disuruh menghitung semua butir simpoa tersebut. Siswa dapat dengan mudah mengetahui hasilnya yakni 10 butir. Tetapi jika anak ditanya 3 x 5 tanpa alat hitung tidak bisa menjawabnya. hal ini disebabkan anak tidak disuruh menghapal perkalian atau penjumlahan.
Pola pembelajaran seperti itu berlanjut sampai kelas 6 SD, sehingga berakibat menurunya daya ingat siswa. Berdasarkan kenyataan di lapangan, Siswa tamat SDmasih banyak yang tidak hafal perkalian hingga 10 x 10 apa lagi bilangan decimal dan pecahan sehingga akan menghambat proses perhitungan selanjutnya. Yang lebih parahnya lagi bukan hanya mata pelajaran matematika saja yang pembelajarannya kurang memperhatikan daya ingat, tetapi pelajaran Bahasa Indonesia, PKN, Agama.
Daya ingat perlu dibangun kembali agar memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran tanpa alat bantu hitung, kamus, dan buku. Alat tersebut dalam proses pembelajaran memang mutlak diperlukan kecuali alat hitung, namun dalam ujian apakah bias ditolelir anak membuka buku dan kamus? Jawabnya tentu tidak. Misal anak disuruh membuat surat; mereka akan mencuri-curi membuka buku karena ia tidak menghapal susunannya. Mereka tidak akan bias membuat surat dengan tepat tanpa melihat buku pedoman membuat surat. Tapi jika anak disuruh menghapal susunan surat, syarat surat maka anak tidak perlu lagi membuka buku ketika ujian.
Berikut ini trik untuk meningkatkan daya ingat tanpa mantra atau jampi-jampi.:
1. Mulailah dengan hal-hal yang ringan dan Anda senangi ;Bacalah sebuah cerita atau putarlah sebuah film yang Anda suka.
2. Setelah satu bulan cerita atau film film tersebut dibaca atau ditonton, berusahalah mengingat jalan ceritanya.
3. Kemudian putar kembali film itu/ baca cerita itu dan cocokkan dengan ingatan Anda.
4. Bila masih banyak yang tidak sama, coba ulangi lagi dengan cerita/film yang lain.
5. Setelah enam bulan anda berlatih , Anda akan mendapatkan hasilnya.
SELAMAT MENCOBA!!!