suatu unit pembelajaran;
b. cara untuk mencapai tujuan belajar; dan
c. cara menilai ketercapaian tujuan belajar.
dalam RPP yang penulis bagikan berikut masih menggunakan kurikulum 2013 yang disederhanakan. Capaian pembelajaran di ambil dari Kompetensi inti, sedangkan Tujuan Pembelajaran diturunkan dari Kompetensi Dasar.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 5 (KD 3.3)
Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Tebo Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi
: Teks Tanggapan |
Kelas/Semester : IX / Genap Tahun Pelajaran : 2022/2023 Alokasi Waktu : 12 X 40 Menit (4 Pertemuan) |
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran ingkuiri, dengan metode literasi, diskusi, dan presentasi dengan menumbuhkan
sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani
mengemukakan pendapat, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi informasi berupa kritik,
sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan yang didengar dan/atau dibaca.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan |
Kegiatan |
pertama |
1.
Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan
tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata
disekitar siswa 2.
Siswa
secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom. 3.
Siswa
berkolaborasi dalam kelompoknya masing-masing untuk mengidentifikasi
informasi berupa kritik, dari materi yang telah dicermati. Guru berkeliling
kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa dalam kelompok dengan membawa
lembar ceklis. 4.
Salah
satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok, kelompok lain
membarikan tanggapan. Guru memberikan penguatan. 5.
Guru
dan siswa menyimpulkan pembelajaran. 6.
Guru
dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil
pembelajaran 7.
Guru
memberi tugas siswa sesuai dengan hal yang perlu peningkatan 8.
Guru
menyampaikan informasi pembelajaran
yang akan datang 9.
Guru
menutup pelajaran dengan doa dan salam |
Kedua |
1.
Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan
tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata
disekitar siswa 2.
3.
Siswa
secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom. 4. Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya
masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa sanggahan, dari materi yang telah
dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa
dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis 5. Salah satu kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya. 6.
Guru
dan siswa menyimpulkan pembelajaran. 7.
Guru
dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil
pembelajaran 8. Guru menginformasikan
materi pembelajaran yang akan datang,serta memberikan tugas bagi siswa yang
amasih perlu bimbingan. 9. Guru menutp pelajaran
dengan doa dan salam. |
Ketiga |
1.
Berdoa
bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian
pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata disekitar siswa 2.
3.
Siswa
secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom. 4. Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya
masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa pujian dari
materi yang telah dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan
siswa dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis 5. Perwakilan kelompok
mengunjungi kelompok lain untuk mencatat apa yang berbeda dengan kelompoknya. 6. Perwakilan siswa
kembali kekelompk masing-masing untuk mendiskuskan catatan yang diperoleh
dari kelompok lain. 7. Juru bcara kelompok
menyampaikan hasil diskudinya di muka kelas, sementara kelompok lain
memberikan masukan dan atau bertanya, grur memberikan penguatan. 8.
Guru
dan siswa menyimpulkan pembelajaran. 9.
Guru
dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil
pembelajaran 10. Guru menginformasikan
bawa pertemuan berikutnya akan diadakan asesmen sumatif ,serta memberikan
tugas bagi siswa yang amasih perlu bimbingan. 11. Guru menutup pelajaran
dengan doa dan salam |
Keempat |
1.
Berdoa bersama, memeriksa kehadiran
siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian asesmen sumatif dan cara
mengerjakannya. 2. Guru membagikan ling
asesmen sumatif di class room 3. Siswa
mengerjakanasesmen sumatif di classromm dan guru memantau siswa agar bisa
bekerja dengan jujur, tidak bekerjasama dengan temanya. 4. Guru menginformasikan
siswa yang perlu remedial dan pengayaan 5. Guru dan siswa membuat
kesepakatan tentang teknis remedial dan atau pengayaan. 6. Guru menutup pelajaran
dengan doa dan salam. |
C. Asesmen
AFEKTIF |
PENGETAHUAN formatif dan sumatif |
1. berdoa di awal dan di
akhir pembelajaran 2. Kerjasama dalam
mengamati Teks tanggapan |
1. Mendeteksi informasi kritik, sanggahan,atau pujian dari teks
tanggapan yang dibaca |
Rimbo Bujang, Januari
Mengetahui Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,