blog ini merupakan sarana berbagi ilmu pendidikan

Slide 1

Dokumen 2024.

Slide 2

Foto dokumen Perpisahan 2024.

Slide 3

Dokumen perpisahan 2024.

Slide 4

Foto Dokumen Perpisahan 2024.

Pemotongan Tumpeng

Kepala Sekolah didampingi Oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan memotong tumpeng sebagai tanda sukur terhadap Tuhan.

Jumat, 17 Februari 2023

RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG DISEDERHANAKAN

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengalami perubahan dan penyerrdahanaan. Sesuai dengan permen dikbud nomor 16 tahun 2022 tentang standar proses, Perencanaan pembelajaran meliputi :
a. capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar dari
suatu unit pembelajaran;
b. cara untuk mencapai tujuan belajar; dan
c. cara menilai ketercapaian tujuan belajar.

 dalam RPP yang penulis bagikan berikut masih menggunakan kurikulum 2013 yang disederhanakan. Capaian pembelajaran di ambil dari Kompetensi inti, sedangkan Tujuan Pembelajaran diturunkan dari Kompetensi Dasar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nomor : 5 (KD 3.3)

Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Tebo

Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia

Materi                                  : Teks Tanggapan

Kelas/Semester             : IX / Genap

Tahun Pelajaran            : 2022/2023

Alokasi Waktu               :  12 X 40 Menit (4 Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran ingkuiri, dengan metode literasi, diskusi, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

1.       Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan yang didengar dan/atau dibaca.

B.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan

Kegiatan

pertama

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata disekitar siswa

2.       Siswa secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom.

3.       Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa kritik, dari materi yang telah dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis.

4.       Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok, kelompok lain membarikan tanggapan. Guru memberikan penguatan.

5.       Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran.

6.       Guru dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran

7.       Guru memberi tugas siswa sesuai dengan hal yang perlu peningkatan

8.       Guru menyampaikan informasi  pembelajaran yang akan datang

9.       Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam

Kedua

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata disekitar siswa

2.        

3.       Siswa secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom.

4.       Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa  sanggahan, dari materi yang telah dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis

5.       Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.

6.       Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran.

7.       Guru dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran

8.       Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan datang,serta memberikan tugas bagi siswa yang amasih perlu bimbingan.

9.       Guru menutp pelajaran dengan doa dan salam.

Ketiga

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian pembelajaran serta mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata disekitar siswa

2.        

3.       Siswa secara berkelompok membaca/mencermati video yang diajikan di classroom.

4.       Siswa berkolaborasi dalam kelompoknya masing-masing untuk mengidentifikasi informasi berupa  pujian dari materi yang telah dicermati. Guru berkeliling kelompok sambal mengamati keterlibatan siswa dalam kelompok dengan membawa lembar ceklis

5.       Perwakilan kelompok mengunjungi kelompok lain untuk mencatat apa yang berbeda dengan kelompoknya.

6.       Perwakilan siswa kembali kekelompk masing-masing untuk mendiskuskan catatan yang diperoleh dari kelompok lain.

7.       Juru bcara kelompok menyampaikan hasil diskudinya di muka kelas, sementara kelompok lain memberikan masukan dan atau bertanya, grur memberikan penguatan.

8.       Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran.

9.       Guru dan siswa mengadakan refleksi tentang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran

10.    Guru menginformasikan bawa pertemuan berikutnya akan diadakan asesmen sumatif ,serta memberikan tugas bagi siswa yang amasih perlu bimbingan.

11.    Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam

Keempat

1.       Berdoa bersama, memeriksa kehadiran siswa, menyampaikan tujuan dan lingkup penilaian asesmen sumatif dan cara mengerjakannya.

2.       Guru membagikan ling asesmen sumatif di class room

3.       Siswa mengerjakanasesmen sumatif di classromm dan guru memantau siswa agar bisa bekerja dengan jujur, tidak bekerjasama dengan temanya.

4.       Guru menginformasikan siswa yang perlu remedial dan pengayaan

5.       Guru dan siswa membuat kesepakatan tentang teknis remedial dan atau pengayaan.

6.       Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.

 

C.       Asesmen

 

AFEKTIF

PENGETAHUAN formatif dan sumatif

1.       berdoa di awal dan di akhir pembelajaran

2.       Kerjasama dalam mengamati Teks tanggapan

1.       Mendeteksi informasi kritik, sanggahan,atau pujian dari teks tanggapan yang dibaca

 

 

Rimbo Bujang, Januari

Mengetahui Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 





untuk lebih lengkapnya silakan download di sini

Selasa, 20 September 2016

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 K13 TERBARU

Assalamu'alaikum wr, wb dan salam sejah tera 

        RPP merupakan suseatu yang sangat penting bagi bapak dan ibu guru yang akan melaksanakan program pembelajaran, oleh sebab itu RPP hendaknya benar-benar disusun oleh guru yang bersangkutan, karena bapak dan ibu gurulah sebagai pelaksananya. Unduh RPP dari internet tidak salah, namun haruslah disesuaikan dengan keadaan real di lapangan.

        Setiap saat RPP selalu mengalami perubahan format dengan terbitnya permen dikbud no 22 tahun 2016 maka permen nomor 103 sudah tidak berlaku lagi. Namun berdasarkan pengamatan admin perubahan itu hanya berkuatat-kutit pada urutan atau susunan. Kalau mau jujur sebenarnya semua itu agar para guru rajin membuat perangkat mengajar. Mengapa admin berkata begitu? sebenarnya pada RPP sebelumnya subtansi penting seperti, EEK, 5M, telah termuat sebagaimana pada permen 22. yang berbeda hanyalah masalah urutan . Pada permen 22, subtansi Tujuan ditulis sebelum Indikator, sedangkan pada RPP sebelumnya Indikator ditulis sebelum tujuan. 

        Nah, Bagi Bapak dan Ibu guru yang ingin menyesuaikan urutan  penulisan RPP dengan permen 22 tahun 2016 berikut ini admin berikan contoh RPP bahasa Indonesia kelas 9. 

berikut linknya 
       
        Demikian, semoga bermanfat

SILABUS SMP K13 VERSI 2016

Assalamu'alaikum wr.wb, bapak dan ibu serta para pengunjung blog yang dimuliakan Allah.
     Sebagaimana kita ketahu bersama bahwa berdasarkan Permen dikbud no 22 tahun 2016, perangkat pembelajaran, (silabus dan RPP) mengalami perubahan. Untuk itu, admin akan membagikan link unduhan silbus SMP K13 sebagaimana berikut:
1. Silabus PKN
2. Silabus B. Indonesia
3. Silabus B. Inggris
4. Silabus MTK
5. Silbus IPA
6. Silabus IPS
7. Silabus Seni Budaya
8. silabus PJOK
9. Silabus Prakarya
10. Silabus PAI

Demikian Semoga Bermanfaat.